'PUZZLE NOT' Cara Cepat Belajar Membaca Notasi Balok
Belajar musik bagi peserta didik di sekolah merupakan salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan. Terlihat saat waktu pembelajaran seni budaya dengan materi bermain alat musik atau bernyanyi. Mereka nampaknya sangat senang, namun kesenangan mereka dalam kegiatan bermusik masih tidak sesuai dengan konsep bermusik itu sendiri. Diantaranya mereka senang bernyanyi, namun mereka bernyanyi dengan nada yang salah meskipun lirik yang dinyanyikan benar. Begitu juga dengan permainan alat musik terutama gitar, mereka memainkan dengan nada tidak sesuai partitur notasi musiknya. baik.
Alhasil pada waktunya di materi Seni Musik di kelas VIII SMP semester genap, dilakukanlah percobaan dengan menggunakan Puzzle Not untuk memperbaiki secara perlahan-lahan cara mereka belajar tentang seni Musik yang tepat.
Pada saat itu diawali dengan peserta didik untuk merangkai sebuah rangkaian pola ritmis dari Not-not yang dipotong. Peserta didik menyusun puzzle itu sesuai dengan tanda birama 4/4. Jadi siswa diberikan kebebasan untuk menyusun not, namun haru sesuai aturan pada setiap biramanya. Setelah itu peserta didik melalui masing-masing kelompok untuk berllatih pola ritmis tersebut dan dimainkan dengan tepukan tangan terlebih dahulu sebelum dimainkan dengan alat musik ritmis yang ada yaitu rebana.
Masing-masing kelompok membuat pola ritmis yang berbeda. Kegiatan ini menjadi sangat menyenangkan, level pembelajaran atau indicator pencapaian mereka sudah sampai ke tahap level Membuat atau C6. Padahal untuk dapat membuat itu masih cukup sulit dilakukan oleh siswa utamanya peserta didik di SMP. Namun melalui media Puzzle Not yang dibuat inilah siswa diajak untuk berfikir dan diberikan pemahaman bahwasanya belajar musik itu ada teorinya, ada naskah untuk bermain musik dan tidak asal-asalan melakukan praktik musik tanpa teori yang mendasarinya.
Posting Komentar